Navigation

Tuesday, March 20, 2012

Gundam for Galau People

Bayangkan kamu adalah anak yang suka Galau, kamu punya segudang masalah di pundak kamu. Udah nilai jelek pas ulangan, diputusin pacar, hidupmu sedang ancur *PLAAK!*, iya kan?

Dalam waktu yang sama, negeri yang kamu sedang tinggali sedang berperang melawan organisasi jahat dari luar angkasa berhuruf depan "Z". Kamu si Galau mau kabur, tapi PUNYA keinginan untuk bertarung untuk men-counter kegalauan kamu. "Gue gak mau perang!" katamu, "Militer gak pernah, kemampuan gak punya. AKU MAU JADI APAAAAAAA?????" /Lebaymodeon /bigham *PLAAK!*

Tiba-tiba kamu langsung nyomot prototipe robot yang lagi nganggur di markas Federation. Kamu secara tidak sengaja melawan mereka (musuh) dan langsung keterusan. Apa yang kamu nggak ketahui adalah YOU'RE THE NEW GUNDAM PILOT. Artinya, selamat! Anda telah menemukan definisi "Gundam" menurut anak-anak galau :)

Destined ones and their robots

Secara singkat, "Gundam" adalah dimana anak galau/emo/broken (?) berdiri menjadi pilot dari Gundam tersebut dan menyelamatkan dunia dengan melawan pasukan yang dipimpin oleh orang bertopeng. Kemudian anak galau tersebut digembleng menjadi MAN OF DESTINY (Bocah yang Ditakdirkan) dan langsung melawan penjahat bertopeng tersebut.

Pertarungan Gundam ini dilakukan baik di bumi maupun di luar angkasa. Kebanyakan pertarungan fokus pada luar angkasa, tapi di bumi gak kalah serunya.

"One must always plan a few moves ahead in battle" - Char

Penjahat bertopeng ini namanya Char Aznable aka Mas Topeng. Mas Topeng punya banyak saudara... (source: http://ghostlightning.wordpress.com)

Inilah saudara2 dari Char Mas Topeng: Pak Topeng Carozzo Ronah, Chronicle Asher, Full Frontal si clone Char, Harry Ord si UNIVEEEEERSEEE!!!!, Schwarz "Meikyo Shisui" Bruder, Rau Topeng bin Le Creuset, Zechs Merquise, Neo Roanoke, dan Mr. Bushido aka Graham Aker jadi orang Jepang. Mereka adalah Char di seri mereka sendiri (berurutan: MSG, F91, V, Unicorn, Turn A, G, SEED, Wing, SEED Destiny, dan 00) (source: http://tvtropes.org)

DAFTAR ANAK GALAU YANG MENJADI PILOT GUNDAM

Amuro Ray (Mobile Suit Gundam) - Pertamanya dia nggak mau terima dirinya berperang, tapi mau nggak mau pasukan Zaku Zeon makin banyak, dan ia tidak punya pilihan lagi. Setelah di-Brightslap sama Bright Noa, ia membuang ke-galauannya, dan akhirnya bermusuhan dengan Char Aznable. Kejadian dimana Lalah Sune melindungi Char dan Amuro "tidak sengaja" membunuhnya berbekas dalam benak mereka, sampai2 hal tsb dibawa sampai seri Char's Counterattack. Tentunya selama ia ada berada di organisasi Karaba (Zeta Gundam), dia sudah menjadi dewasa.

Kamille Bidan (Zeta Gundam) - Orang ini gak suka kalau seseorang mengejek kalau namanya itu kedengaran "perempuan" sekali, terutama yang ngejek dia adalah Jerid Messa. Bersama Anti-Earth Union Group (AEUG), dia bertarung melawan Titans (Earth Federation yang udah korup) dan para kroni2 nya, khususnya Paptimus Scirocco. Dengan menunjukkan ke-laki2annya dalam hal mendesain Mobile Suit-nya, Zeta Gundam, dia bertarung sampai akhirnya menusuk MS-nya Scirocco dan Scirocco menyerangnya balik karena dia tidak mau mati sendiri, dan ia ingin membawa jiwa Kamille bersamanya.

Kira Yamato (Gundam SEED) - Kalo orang ini memang awalnya nggak suka peperangan, tapi melihat teman semasa kecilnya, Athrun Zala, masuk ZAFT (organisasi huruf Z yg menghancurkan Heliopolis), Kira masuk ke GAT-X105 Strike Gundam yg nganggur, tapi yang menjadi pilot adalah Murrue Ramius. Sejak Murrue melihat kemampuan pilot Kira yg bisa mengubah OS dari Windows jadi GUNDAM (*PLAK*), Murrue menginginkan Kira utk menjadi anggota Earth Alliance. Beberapa episode kemudian ia tahu kalau ia harus berhenti ber-galau ria dan hasilnya? Dia mengalahkan Andrew Waltfeld, Trio Macan Doping (*PLAK*), dan Rau bertopeng bin Le Creuset.

Shinn Asuka (Gundam SEED Destiny) - Walaupun saya kurang tahu mengenai orang ini karena ane sendiri blom nonton SEED Destiny, tapi ia adalah member ZAFT yang paling galau dan suka complain, bahkan ia adalah versi Cosmic Era dari Kamille Bidan.

dan masih banyak yg lain...

KESIMPULAN

Dari artikel ini, kita bisa simpulkan bahwa bahkan mereka yang awalnya suka galau bisa menjadi seorang pahlawan yang bisa menyelamatkan dunia dari kehancuran. Kita bisa menggembleng diri kita sendiri, dan kita bisa menjadi orang yang ditakdirkan, asalkan kita niat dan rajin. Bagi saya, Amuro Ray-lah yang bisa dijadikan role model anak2 galau untuk menjadi pahlawan.

- Rendy

No comments:

Post a Comment